Beranda / Informasi / Harga Pompa Sentrifugal Surabaya (Update 2024)

Harga Pompa Sentrifugal Surabaya (Update 2024)

Di dunia industri, pompa sentrifugal adalah salah satu perangkat yang paling banyak digunakan. Pasalnya alat yang satu ini memiliki peran penting dalam mengalirkan cairan dari satu tempat ke tempat lainnya. Karena memiliki fungsi yang krusial, maka Anda wajib tahu berapa harga pompa sentrifugal di Surabaya (Update 2024).

Pompa sentrifugal banyak digunakan karena pengoperasiannya yang cenderung mudah dengan biaya pemeliharaan yang tidak terlalu mahal. Tidak heran kalau pompa sentrifugal populer di bidang industri. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang pompa sentrifugal, yuk simak ulasan berikut.

Apa itu Pompa Sentrifugal?

pengertian pompa sentrifugal

Sebelum membahas lebih jauh tentang harga pompa sentrifugal Surabaya (Update 2024), tidak ada salahnya untuk mengetahui pengertian pompa sentrifugal. Jadi, pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang digunakan untuk memindahkan cairan melalui proses konversi energi kinetik dari putaran impeller menjadi energi hidrodinamik cairan.

Prinsip kerjanya didasarkan pada gaya sentrifugal yang dihasilkan ketika impeller berputar dengan kecepatan tinggi, mendorong cairan dari pusat rotasi ke tepi luar impeller. Cairan yang terlempar keluar dari impeller kemudian diarahkan melalui casing menuju saluran keluar dengan kecepatan dan tekanan yang lebih tinggi.

Beberapa cairan yang dapat dialirkan melalui pompa ini yaitu logam cair, minyak, hingga garam cair yang memiliki suhu tinggi dengan spesifikasi berbeda-beda menurut fungsinya. Pompa sentrifugal cenderung mudah diproduksi dan dirawat sekaligus mampu mengalirkan volume cairan yang besar sehingga cocok untuk aplikasi yang membutuhkan operasi terus-menerus.

Fungsi Pompa Sentrifugal

Pompa sentrifugal menawarkan keunggulan yang luar biasa untuk dunia industri. Selain itu, alat yang satu ini ternyata memiliki sejumlah fungsi yang sangat bermanfaat dan membantu mengalirkan cairan yang stabil ke banyak tempat. Lalu apakah fungsi dari pompa sentrifugal? Berikut ini jawabannya!

1. Pemindahan Air Bersih

Fungsi utama pompa sentrifugal adalah sebagai media untuk pemindahan air bersih. Pompa sentrifugal digunakan secara luas dalam sistem penyediaan air bersih untuk rumah tangga, gedung komersial, dan industri. Alat ini memastikan aliran air yang stabil dari sumber air ke titik penggunaan.

2. Pengolahan Air Limbah

Dalam instalasi pengolahan air limbah, pompa sentrifugal digunakan untuk memindahkan air limbah dari satu tahap pengolahan ke tahap berikutnya. Proses ini membantu memastikan proses pengolahan berjalan lancar.

3. Industri Kimia dan Petrokimia

Tidak hanya untuk memindahkan air bersih saja, tetapi pompa sentrifugal juga digunakan untuk memindahkan berbagai jenis cairan kimia di pabrik kimia dan petrokimia. Perangkat tersebut harus tahan terhadap korosi dan bahan kimia agresif.

4. Industri Minyak dan Gas

Adapun di dalam industri minyak dan gas, pompa sentrifugal seringkali dimanfaatkan untuk memompa minyak mentah, produk olahan, dan cairan lain yang terkait dengan proses produksi dan distribusi minyak dan gas.

5. Irigasi Pertanian

Tahukah Anda, pompa sentrifugal sangat penting dalam sistem irigasi pertanian. Bukan tanpa alasan, alat tersebut mampu memompa air dari sumber seperti sumur, sungai, atau danau ke lahan pertanian untuk keperluan penyiraman tanaman.

6. Proses Industri Umum

Banyak proses industri memerlukan perpindahan cairan, seperti dalam pabrik pengolahan makanan, minuman, kertas, dan tekstil. Disinilah peran pompa sentrifugal yang digunakan untuk memindahkan bahan baku cair dan produk jadi.

Jenis-jenis Pompa Sentrifugal

Pompa sentrifugal dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa kriteria, seperti jumlah impeller, orientasi aliran, desain casing, dan jenis aplikasi. Apa saja jenis pompa sentrifugal? Nah untuk mengetahui apa saja jenis-jenis pompa sentrifugal, di bawah ini adalah informasinya.

1. Pompa Satu Tingkat (Single-Stage)

Pompa satu tingkat memiliki satu impeller di dalam casing. Impeller ini bertugas untuk meningkatkan tekanan cairan melalui satu tahap peningkatan tekanan. Biasanya jenis ini digunakan untuk aplikasi dengan kebutuhan tekanan rendah hingga sedang, seperti dalam sistem penyediaan air, HVAC, dan aplikasi domestik.

2. Pompa Multi Tingkat (Multi-Stage)

Pompa multi tingkat memiliki dua atau lebih impeller yang disusun secara seri dalam satu casing. Setiap impeller bertugas meningkatkan tekanan cairan tahap demi tahap. Pompa multi-stage mampu menghasilkan tekanan yang sangat tinggi dan efisien untuk transportasi cairan dalam jarak jauh atau untuk aplikasi dengan perbedaan elevasi yang besar.

3. Pompa Aliran Campuran (Mixed-Flow)

Jenis pompa aliran campuran menggabungkan karakteristik dari beberapa pompa. Cairan masuk ke impeller pada sudut tertentu dan keluar dengan kombinasi aliran radial dan aksial. Umumnya mixed-flow digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan kombinasi aliran sedang dengan peningkatan tekanan yang sedang, seperti dalam sistem penyediaan air dan irigasi.

4. Pompa Self-Priming

Jenis pompa self-priming dirancang untuk memompa cairan yang mengandung udara atau gas tanpa memerlukan bantuan eksternal untuk menghilangkan udara dari saluran masuk. Uniknya, pompa self-priming dapat beroperasi dalam kondisi yang kurang ideal dengan keberadaan udara atau gas untuk memudahkan proses start-up.

5. Pompa Magnetik (Magnetic Drive Pump)

Jenis pompa magnetik menggunakan kopling magnetik untuk mentransfer torsi dari motor ke impeller tanpa memerlukan poros mekanis langsung sehingga menghilangkan risiko kebocoran cairan. Pompa yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk memompa cairan yang sangat korosif atau berbahaya dalam industri kimia, farmasi, dan pengolahan air.

Daftar Harga Pompa Sentrifugal di Surabaya (Update 2024)

Kebutuhan pompa sentrifugal semakin meningkat, salah satunya di kota Surabaya. Nah jika Anda sedang membutuhkan jenis pompa yang satu ini, sebaiknya ketahui terlebih dulu berapa kisaran harga pompa sentrifugal Surabaya (Update 2024) agar bisa memperhitungkan budget yang perlu dikeluarkan.

1. Pompa Sentrifugal Satu Tingkat (Single-Stage)

  • Kapasitas rendah: Rp1.500.000 – Rp3.000.000
  • Kapasitas menengah: Rp3.000.000 – Rp6.000.000
  • Kapasitas tinggi: Rp6.000.000 – Rp12.000.000

2. Pompa Multi Tingkat (Multi-Stage)

Kapasitas rendah: Rp4.000.000 – Rp8.000.000
● Kapasitas menengah: Rp8.000.000 – Rp15.000.000
● Kapasitas tinggi: Rp15.000.000 – Rp30.000.000

3. Pompa Aliran Campuran (Mixed-Flow)

  • Kapasitas rendah: Rp2.500.000 – Rp5.500.000
  • Kapasitas menengah: Rp5.500.000 – Rp12.000.000
  • Kapasitas tinggi: Rp12.000.000 – Rp25.000.000

4. Pompa Self-Priming

  • Kapasitas rendah: Rp2.000.000 – Rp4.500.000
  • Kapasitas menengah: Rp4.500.000 – Rp9.000.000
  • Kapasitas tinggi: Rp9.000.000 – Rp18.000.000

5. Pompa Magnetik (Magnetic Drive Pump)

  • Kapasitas rendah: Rp3.000.000 – Rp6.500.000
  • Kapasitas menengah: Rp6.500.000 – Rp12.000.000
  • Kapasitas tinggi: Rp12.000.000 – Rp25.000.000

Ingat, harga pompa sentrifugal Surabaya (Update 2024) di atas bukanlah harga mutlak. Namun Anda bisa menjadikannya sebagai acuan untuk mempersiapkan biaya yang akan dikeluarkan saat hendak membeli pompa sentrifugal. Untuk mendapatkan harga yang affordable dengan kualitas terbaik, sebaiknya Anda membelinya di alatteknikindustri.com.

Sebagai penyedia alat teknik industri, alatteknikindustri.com menawarkan produk-produk yang lengkap dengan penawaran harga terbaik. Kualitas dan kredibilitasnya pun sudah tidak perlu diragukan lagi karena alatteknikindustri.com sudah berdiri sejak tahun 2011. Yuk segera kunjungi website alatteknikindustri.com dan dapatkan produk yang Anda butuhkan.

Tinggalkan komentar

Item added to cart.
0 items - Rp0